Pembangunan Ruas Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Masuk Tahap Pembebasan Tanah

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Bupati Magelang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Nanda Cahyadi Pribadi bersama Jajaran Forkompimda menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan ruas Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang dilaksanakan di Hotel Artos, Rabu (08/6/2022).

Nanda menyampaikan bahwa, tahapan-tahapan untuk pelaksanaan pembangunan ruas jalan Tol Yogyakarta-Bawen sudah memulai tahapan untuk pengadaan tanah, artinya penetapan lokasi juga sudah ditetapkan.

Titik lokasi Kecamatan, Desa sampai Dusun juga sudah ditetapkan. Hal tersebut, menurutnya juga sangat disambut dengan baik oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Magelang dengan hadirnya ruas Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

“Kita harus bersyukur, tidak semua daerah otonom di Pulau Jawa ini atau di seluruh indonesia telah menikmati yang namanya jalan Tol, mungkin baru terbatas berapa ruas atau beberapa daerah saja,” ungkap, Nanda.

Menurutnya, keberadaan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini akan memberikan dampak yang sangat strategis, sangat positif membuka akses, mempermudah akses ataupun koneksivitas. Apalagi Kabupaten Magelang telah masuk dalam destinasi super prioritas (Borobudur).

“Kita berharap dari Pemerintah Daerah bahwa masyarakat semuanya ikut mendukung, kami harap dari Bapak Camat, Kepala Desa mari kita sambut ruas jalan tol ini sebuah langkah besar dan strategis dari pemerintah untuk membantu mewujudkan masyarakat Kabupaten magelang lebih sejahtera,” katanya.

Sementara, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Magelang, Triyono melaporkan, tahapan-tahapan pengadaan tanah terdiri dari adanya perencanaan, persiapan dan pelaksanaan. Saat ini kegiatan untuk pembangunan ruas Jalan Tol Yogyakarta-Bawen telah memasuki tahapan pelaksanaan pembebasan tanah.

Pihaknya telah menyusun pelaksana pengadaan tanah sekertariat Satgas A dan Satgas B, yang akan melaksanakan rangkaian kegiatan pelaksanaan pengadaan tanah mulai dari inventarisasi dan identifikasi sampai dengan pembayaran ganti rugi kepada para pihak yang berhak.

“Kami mengharapkan kerjasama antara kita semua, sehingga progam prioritas nasional ini berjalan dengan lancar dan dapat selesai sesuai rencana.

Untuk diketahui pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan ruas jalan tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Magelang terdiri dari 44 Desa di 7 Kecamatan antara lain, Kecamatan Ngluwar, Muntilan, Mungkid, Candimulyo, Tegalrejo, Secang dan Grabag dengan total bidang hampir 7.000 bidang tanah. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI