Pembantu Rumah Tangga Curi Gelang Emas Majikan

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Seorang asisten rumah tangga, SB (39) ditangkap Kepolisian Sektor Temanggung Kota, dengan dugaan mencuri perhiasan emas milik majikanya, Agustin Gunasih (39) warga Madureso Temanggung. Emas yang dicuri berupa gelang emas seberat 25 gram dan satu gelang seberat 7 gram dengan nilai total keseluarhan Rp 18 juta.

Kapolsek Temanggung Kota AKP Yahya, Jumat (04/12/2020) menerangkan tersangka ditangkap setelah petugas menginterogasinya, tentang hilangnya dua perhiasan milik Agustin. Tidak ada kerusakkan di tempat penyimpanan perhiasan, semua tertata rapi sehingga kecurigaan dilakukan oleh orang dalam. “Tersangka mengakui perbuatannya saat ditanya petugas,” kata Yahya.

Dia mengatakan perhiasan dicuri pada Sabtu kemarin, ketika rumah dalam keadaan sepi. Ketika itu, tersangka sedang membersihkan kamar rumah sambil mengasuh anak.

Perhiasan yang diambil, katanya, lalu digadai di Pegadaian setemoat, sedangkan uangnya dipergunakan untuk membayar cicilan hutang di sebuah koperasi simpan pinjam.

“Kami berhasil menelusuri keberadaan barang curian, barang gadai untuk sementara dipinjam sebagai barang bukti kejahatan. Ada surat gadai dari Pegadaian,” kata dia.

Dikatakan korban merugi sekitar Rp 18 juta atas kejadian tersebut. Sedangkan tersangka dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman lima tahun.

Tersangka SB mengatakan terpaksa mencuri untuk membayar cicilan yang telah satu tahun menunggak. Emas sengaja digadai dengan harapan bisa ditebus lantas dikembalikan pada tempat semula, hingga kemudian diketahui Polisi.

“Saya pinjam Rp 60 juta dengan jaminan rumah. Karena rumah mau disita, lalu mencuri untuk mencicilnya,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI