Pembentukan TACB Kabupaten Dipercepat

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi Jawa Tengah percepat pembentukan TACB di 35 kabupaten/kota yang ada di propinsi tersebut sehingga dapat lekas lakukan pendataan dan perlindungan cagar budaya.

Anggota TACB Provinsi Jawa Tengah, Ufi Saraswati Senin (7/11) mengatakan sampai November 2016, belum ada satu pun terbentuk TACB tingkat kabupaten/kota di Jawa Tengah. TACB provinsi Jawa Tengah sendiri baru terbentuk sekitar satu tahun terakhir.

Kerja yang telah dilakukan adalah inventarisasi ulang 1500 benda cagar budaya dan mengusulkan sejumlah bangunan untuk dijadikan cagar budaya. Bangunan itu diantaranya, bekas kantor Residen Kedu, Residen Pati, Residen Pekalongan, dan Residen Surakarta. " Kami sudah teliti dan sudah diusulkan untuk dijadikan cagar budaya," katanya.

Dikemukakan beberapa peninggalan bukan bendawi juga tengah diteliti untuk selanjutnya diusulkan pada pemerintah guna dijadikan benda cagar budaya. Namun usaha itu akan lebih cepat apabila ada TACB tingkat kabupaten/kota sebab peninggalan itu ada di wilayah kabupaten/kota. Sehingga pihaknya bertugas untuk seleksi atau mengkaji lebih dalam pada peninggalan yang diusulkan oleh TACB kabupaten/kota.

" Kami apresiasi respon cepat dari Kabupaten Temanggung untuk membentuk TACB tingkat kabupaten," katanya.

Kepala Bidang Kesejarahan dan Kepurbakalaan, Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Tengah, Djoko Witjaksono mengatakan cagar budaya yang sudah tercatat dalam register nasional hanya dapat dihapus dengan keputusan menteri atas rekomendasi TACB. " Keputusan penghapusan itu harus ditindaklanjuti oleh pemda," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI