Pemdes Krandegan Dampingi Dua Pasien Positif Covid-19

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Krandega Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo melakukan pendampingan terhadap dua warga terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka menjalani isolasi mandiri di bangunan khusus yang disiapkan desa.

Kebutuhan hidup selama isolasi juga ditanggung penuh pemdes. “Dua warga kami perempuan berumur 53 tahun dan putrinya berusia 26 tahun, hari ini diumumkan terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Kades Bayan Dwinanto, kepada KRJOGJA.com, Kamis (16/07/2020).

Berdasar informasi yang dihimpun Tim Desa Siaga Covid-19, kasus positif itu diketahui ketika pasien usia 26 itu akan mengikuti seleksi petugas PPDB Pilbup 2020. Pasien itu mengikuti tes RDT di RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo dan hasilnya reaktif.

Perempuan yang berprofesi sebagai pedagang di Pasar Suronegaran itu kemudian diswab dan hasilnya positif terkonfirmasi. Ibu pasien pertama itu juga diswab dan hasilnya positif. Namun karena kondisinya sehat tanpa gejala, keduanya menjalani isolasi mandiri di tempat khusus yang disiapkan desa.

Tim siaga desa mengawasi dan menjamin terpenuhinya kebutuhan dua pasien itu. “Kami juga sosialisasikan kepada warga bahwa Covid-19 bisa menyerang siapa saja, penyakit itu bukan aib, jadi pasien harus didukung agar mentalnya tetap kuat sehingga cepat sembuh. Jangan sampai ada stigma buruk pasien Covid-19,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI