Pemenang Lelang di Kebumen Di’blacklist’, Ini Sebabnya

KEBUMEN KRJOGJA.com – Akibat tak bersedia melunasi pembayaran lelang kendaraan yang telah dimenangkannya, seorang peserta lelang kendaraan bermotor milik  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen tahun anggaran 2018 di'blacklist' oleh pelaksana lelang, yaitu Kantor Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwokerto.

"Dengan 'blacklist' maka peserta lelang asal Bandung Jawa Barat tersebut tak  bisa lagi mengikuti kegiatan pelelangan yang dilaksanakan oleh KPKNL," ujar  Kabid Aset dan Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  Kebumen, Dwi Yunaningsih SE, di ruang kerjanya, Senin (14/01/2019).

Diungkapkan, sepanjang tahun 2018 lalu Pemkab Kebumen telah melelang 54 kendaraan bermotor, terdiri dari 46 unit sepeda motor, 1 unit kendaraan bermotor roda 3, 6 mobil roda 4 dan 1 unit dump truk. Sesuai aturan, pelelangan dilaksanakan oleh  KPKNL Purwokerto. Pelaksanaan pelelangan dilakukan melalui internet dalam 3 tahap.

Dalam pelelangan tahap ketiga pada Desember 2018 lalu, dilelang 6 unit mobil roda 4 dan 1 unit dump truk. Hasilnya, 2 unit mobil roda 4 gagal terlelang, sedangkan 4 unit mobil roda 4 dan 1 dump truk berhasil terlelang. 

"Namun sampai batas waktu pembayaran berakhir, pemenang lelang mobil jeep merk  Willis tahun 1984 tak mau membayar harga pelelangan sebesar Rp 45 juta. Alasannya, kondisi fisik mobil tak sesuai dengan harapannya. Selain diblacklist, uang jaminan sebesar Rp 3 juta yang telah disetorkannya masuk ke kas negara," ujar Dwi. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI