Pemerintah Bangun Rusus di Desa Danurejo

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemerintah melalui Kementrian PUPR akan membangun sebanyak 25 unit Rumah Khusus (Rusus) Tipe 28 dibangun di lahan seluas 4.300 meter persegi di Desa Danurejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Di tanah milik Desa Danurejo tersebut, rusus diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Pembangunan Rusus ini, merupakan program aspirasi yang diperjuangkan anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ir Sudjadi. Total nilainya sebesar Rp 2,5 miliar,” kata Kepala Desa (Kades) Danurejo, Eko Prasetyo, pada acara Tasyakuran Pembangunan Rusus MBR di Balai Desa Danurejo, Sabu (03/10/2020).

Disampaikan, pembangunan Rusus ini sangat membantu masyarakat khususnya Desa Danurejo yang belum mempunyai tempat tinggal. Diakui jika warganya masih banyak yang belum memiliki rumah.

Bahkan ada dalam satu rumah ditempati lebih dari tiga kepala keluarga. Maka Rusus ini, merupakan solusi bagi warga yang sebagian besar bekerja di sektor jasa.

“Saya juga minta, pembangunan tepat waktu, mutu dan tepat administrasi, agar nantinya yang menempati Rusus bisa lebih nyaman, karena keperuntukan rusus ini adalah warga berpenghasilan rendah,” ungkapnya.

Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi dalam sambutan yang disampaikan secara virtual mengatakan, usulan dan perjuangan untuk pembangunan rusus dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berjalan lancer, karena langsung mendapatkan persetujuan untuk pembangunan rusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Ini saya sampaikan, karena masyarakat Desa Danurejo sangat istimewa dan inilah saatnya warga Danurejo ngunduh. Karena aspirasi yang disampaikan dan diteruskan ke Kementerian PUPR, langsung mendapatkan persetujuan, karena tidak hanya pembangunan Rusus, tetapi ada program yang lain,” imbuh Sudjadi.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Muhammad Mulya Permana ST NT mengatakan, pembangunan rusus ini akan dilakukan selama 120 hari, sejak tanggal 28 September 2020. Rumah tipe 28 tersebut terdapat dua kamar tidur, rumah tamu, dapur dan kamar mandi, serta dilengkapi fasilitas umum, termasuk jalan.

“Kami berharap, akhir tahun ini, pembangunan sudah selesai, sehingga segera ditempati untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” pintanya.

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tidak hanya bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi, namun juga dalam mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai fokus utama Pemerintah. “Salah satunya dengan menyediakan hunian yang layak berupa Rumah Khusus (Rusus) ini,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI