Pemerintah Segera Bangun Jembatan Gantung di Kali Progo

MAGELANG, KRJOGJA.com – Jembatan gantung yang melintang di atas aliran Kali Progo dan menghubungkan antara wilayah Kampung Ngembik Kramat Kota Magelang dengan Desa Rejosari Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang mmperoleh perhatian Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Basuki Hadimuljono, Kamis (4/4/2019).

Didampingi Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nusyirwan Soejono maupun lainnya, Menteri PUPR RI mengunjungi jembatan tersebut dan mencoba berada di atas jembatan yang bagian bawahnya terbuat dari potongan kayu.

Walikota Magelang mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang telah lama mengajukan permohonan perbaikan jembatan gantung Kali Progo Ngembik ini kepada pemerintah pusat. Sebab, jembatan ini merupakan sarana penting mobilitas masyarakat dua wilayah.

"Pembangunan jembatan ini untuk memperlancar saudara kita yang ada di Bandongan dan keseluruhan. Kalau pagi kayak apa itu, mau papasan saja sulit. Saya pernah mau lewat takut, hampir merangkak," kata Walikota Magelang sambil menambahkan Menteri PUPR RI sudah menyampaikan tahun ini akan dibangun.

Dikatakan Walikota Magelang, ke depan pihaknya akan memprioritaskan pembangunan jembatan, sebelum kemudian melakukan pembangunan infrastruktur lain di sekitanya. "Jembatan realisasi dulu, nanti tahapan berikutnya (pembangunan sekitarnya)," katanya.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI menuturkan pihaknya sering mendapatkan masukan terkait kondisi jembatan Kali Progo Ngembik ini, dan dirasakan sudah tidak layak untuk digunakan. "Kebetulan Pak Menteri sedang di sini, saya ajak meninjau langsung ke lokasi supaya segera ditindaklanjuti," katanya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI