Pemilih Pemilu di Magelang Bertambah 13.143 Orang

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRJogja.com) – Ada progres penambahan pemilih di wilayah Kabupaten Magelang pada Pemilu 2019 mendatang. Penambahan ini berasal dari beberapa aspek. Jumlah TPS nya pun bertambah, khususnya di wilayah Kecamatan Mertoyudan dan Kecamatan Sawangan.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Magelang  Afiffuddin SAg kepada wartawan usai memimpin rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 1 (DPTHP-1) dan penetapan DPTHP-2 Pemilu tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Atria Magelang, Selasa (12/11). Rapat ini dihadiri banyak pihak, termasuk dari seluruh PPK, Bawaslu Kabupaten Magelang maupun lainnya.

Dari hasil rekapitulasi, lanjutnya, diperoleh hasil adanya penambahan jumlah pemilih cukup signifikan. Dalam DPTHP-2 yang ditetapkan, Selasa, jumlah pemilih laki-laki tercatat 493.089 orang dan jumlah pemilih perempuan 497.468 orang, sehingga jumlah 990.557 orang.

Dibanding DPTHP-1, ada progres penambahan jumlah pemilih baru sekitar 13.143 orang. Jumlah ini berasal dari banyak aspek. Beberapa waktu lalu diperoleh data DP-4 non DPT, yang menurut Kementerian Dalam Negeri tercatat ada 110 ribu lebih yang belum masuk. Namun setelah dilakukan pengecekan di lapangan, ternyatanya jumlahnya hanya sekitar 11 ribu lebih. Berdasarkan data tersebut, serta berdasar masukan dan tanggapan masyarakat, tercatat tambahan jumlah pemilih sekitar 13.143 orang.

Sedang penambahan TPS, di wilayah Kecamatan Mertoyudan bertambah 7 TPS dan di wilayah Kecamatan Sawangan bertambah 2 TPS. Kalau sebelumnya tercatat 4.318 menjadi 4.327 atau bertambah 9 TPS. 
Penambahan TPS ini terjadi diantaranya karena jumlah pemilih yang ada di beberapa TPS sebelumnya sudah melampaui 300 orang. Karena itu mau tidak mau jumlah TPS-nya harus ditambah.

Dibenarkan, jumlah pemilih di setiap TPS pada Pemilu 2019 mendatang maksimal 300 orang. Ini berdasarkan hasil simulasi berulangkali yang dilakukan KPU RI. Kalau jumlah pemilih di setiap TPS melebihi angka 300 orang, selesainya proses pemungutan dan penghitungan suaranya nantinya akan melampaui hari "H" proses tersebut. Dengan jumlah maksimal 300 orang diharapkan sebelum melampauai tanggal berikutnya proses pemungutan dan penghitungan suara sudah dapat diselesaikan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI