Pemilik Lahan Kuari Desa Wadas Terima Uang Ganti Rugi

Sementara untuk Kamis (28/4/2022), pemerintah melunasi pembayaran 134 bidang tanah, milik 102 warga. Mereka menerima uang gati rugi total Rp 124,49 miliar. Total tanah yang dibebaskan pemerintah untuk dua hari itu seluas 46,6 hektare. “Setiap pemilik lahan menerima ratusan juta hingga miliaran rupiah,” ucapnya.

Pembayaran ganti rugi di Desa Cacaban Kidul itu dihadiri Bupati Purworejo Agus Bastian dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Yogyakarta. Bupati Purworejo mengatakan, para penerima ganti rugi diharap dapat memanfaatkan uang tersebut sebaik-baiknya. “Bisa untuk membeli tanah lagi, atau modal usaha. Saya juga berharap semua warga khususnya yang masih menolak, bisa menyadari bahwa ini adalah untuk kepentingan yang lebih besar,” tegasnya.

Warga Wadas penerima ganti rugi, Wagiman, berencana memanfaatkan uang Rp 1,09 miliar itu untuk beberapa keperluan. “Rencananya untuk zakat mal, dibagi untuk lima anak, dan tentunya saya ingin membeli tanah lagi. Punya tanah baru sebagai pengganti lahan yang hilang karena kuari,” tuturnya.

Wagiman menerima ganti rugi atas 1.371 meter persegi lahan. Lahan tersebut selama ini ditanami pohon buah dan kayu tahun. “Tapi pemerintah membutuhkan dan saya sangat ikhlas ikut pembebasan lahan itu,” katanya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI