Pemilu 2019, KPU Temanggung Tambah 14 TPS

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung menambah 14 tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019. Penambahan TPS tersebut ditempuh berdasar masukan sejumlah pihak dan evaluasi internal demi baiknya pelayanan pada pemilih. 

"TPS untuk pemilu 2019 menjadi 2475, sebelumnya ditetapkan 2461 tps," kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung Yusuf Hasyim, Senin (3/12).

Dia mengatakan dengan penambahan tersebut diharapkan masyarakat semakin dekat dengan TPS sehingga dapat meningkatkan partisipasi. Karena, tidak berjalan jauh dari tempat tinggalnya. Namun bagi warga yang sakit dan ingin mencoblos, dapat menghubungi KPPS agar didatangi ke rumahnya.  

Konsekuensi penambahan TPS tersebut, katanya, ada penambahan logistik seperti tinta, bilik dan kotak suara. Untuk itu pihaknya sudah mengusulkan pada KPU pusat agar dipenuhi. Sebagaian logistik pun sudah sampai yang kini tersimpan di gudang KPU.

" Kotak suara kini gunakan kardus dan ada mika untuk melihat keadaan didalamnya. Ini untuk transparansi karena bisa dilihat apa yang didalam kotak," katanya.

Disampaikan, KPU Temanggung kini sedang gencarkan sosialisasi pada pemilih untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang ditarget 87 persen. Target itu lebih tinggi dibanding target nasional yang ditetapkan 77,5 persen. Sementara partisipasi masyarakat Kabupaten Temanggung pada Pemilu sebelumnya mencapai 85,4 persen. (Osy)

BERITA REKOMENDASI