Pemkab dan Polres Pangkas Pohon di Jalan Protokol

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Temanggung dan Polres Temanggung melakukan pemotongan pohon peneduh dan tua yang rawan tumbang di sepanjang jalan protokol pada musim penghujan ekstrim untuk menjamin keamanaan dan keselamatan penggunan jalan raya.

" Pemotongan pohon dan dahan diperlukan agar tidak tumbang atau roboh dan mengenai pengguna jalan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Temanggung, Pardiyono Senin (4/12).

Dia mengatakan pemotongan dahan itu sebagai langkah antispasi agar tidak ada kecelakaan yang ditimbulkan dari pohon tumbang, mengingat belakangan ini cuaca ekstrim dan hujan hampir setiap hari yang disertai angin.

Dikatakan dalam pemotongan itu pihaknya melibatkan pula Polres Temanggung. Hal itu, sebab polres mengetahui jalur-jalur yang rawan dan ramai oleh pengendara dan pengguna jalan. 

Kepala Bagian Operasional Satlantas Polres Temanggung Iptu Sugihartono mengatakan pemotongan dilakukan dalam beberapa hari terakhir dan diharapkan selesai dalam dua hari mendatang.

"Ada dua puluh titik yang akan kita potong. Dua puluh titik tersebut merupakan yang ada di wilayah kota. Selanjutnya juga akan diteruskan pohon-pohon di jalan protokol di luar wilayah Kota, " katanya. (Osy)

Pengawas Taman Kota dan Pelaksana Pekerja Lapangan Pertamanan DPU Kabupaten Temanggung Khaerudin mengaakan pohon tua yang dinilai rawan tumbang di wilayah Kota Temanggung ada 50 pohon. 

Khaerudin melanjutkan, pihaknya mengaku setiap hari memantau dan menginventarisir pohon-pohon tua yang berpotensi tumbang. Selain petugas yang turun langsung ke lapangan, pihaknya juga mendapat masukan dari masyarakat. " Pohon yang rawan langsung dipotong," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI