Pemkab ikuti Pameran di Luar Negeri

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com –  Pemerintah Kabupaten Temanggung berencana menggelar pameran di sejumlah kota besar untuk semakin memperkenalkan produk UMKM dan wisata di daerah tersebut. Pameran akan melibatkan pelaku usaha dan menyewa stand dalam jumlah lebih banyak dibanding yang sudah ada dan dilakukan saat ini.

" Pameran di luar daerah, dengan menjemput investor atau peminat diperlukan. Ini harus dilakukan agar Temanggung semakin dikenal, dan investasi masuk," kata Bupati Temanggung Al Khadziq, Minggu (20/10).

Dia mengatakan untuk mencapai tahap tersebut, diperlukan pameran skala lokal baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten. Sebab pameran diperlukan untuk menciptakan komunikasi langsung antara konsumen dan pelaku UMKM.

" Pelaku UMKM mengetahui apa permintaan konsumen, yang nanti untuk penyempurnaan produk. Inovasi dan kreativitas dari pelaku UMKM diperlukan untuk mencapai produk yang terbaik," katanya.

Dikatakan produk dan pelaku UMKM yang ikut pameran di luar daerah adalah yang berkualitas, sehingga harus mengikuti seleksi alam berupa pameran lokal tersebut.

Camat Gemawang Eko Suprapto mengatakan Kecamatan Gemawang menggelar
Gemawang Ekspo Gemawang Gandem yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat dan bisa mendatangkan investor, sekalipun itu investor tingkat lokal, karena 10 desa yang ada di Kecamatan Gemawang mempunyai potensi luar biasa.

"Banyak sekali potensi yang ada di wilayah kami, mulai dari hasil perkebunan hingga tempat-tempat bagus yang belum tersentuh," katanya.

Disampaikan dalam ekspo yang baru pertama kali diselenggarakan ini setidaknya terlibat 20 UMKM asli Gemawang yang bergerak di bidang ekonomi kreatif dan pengembangan industri kopi.

" Anggaran pelaksanaan ekspo ini disokong dari 10 Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) yang ada di 10 Desa di wilayah Kecamatan Gemawang," katanya.

Diharapkan transaksi yang terjadi di ekspo ini bisa semakin meningkatkan semangat pelaku UMKM di Kecamatan Gemawang untuk semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka. (Osy)

BERITA REKOMENDASI