Pemkab Kebumen Koreksi Jalur Alternatif Mudik

KEBUMEN, KRJOGJA.com -Menjelang Lebaran 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen harus mengoreksi rute jalur alternatif mudik di wilayah Kabupaten  Kebumen sesuai dengan saran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Semula kami sudah punya rute jalur alternatif untuk arus mudik Lebaran 2017. Namun saat Pak Gubernur pada Sabtu tanggal 17 Juni 2017 lalu mengecek kesiapan jalur mudik di wilayah Kebumen, beliau menyatakan keberatan dengan rute yang  kami buat itu. Beliau pun lalu meminta kami agar mengoreksi rute tersebut," jar Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kebumen, Misrodin, di ruang kerjanya, Kamis (22/06/2017).

Rute yang tak disetujui Gubernur Ganjar sebagai jalur alternatif mudik tersebut berada di wilayah Kebumen bagian barat, yang dibuat Pemkab Kebumen untuk  pelimpahan arus kendaraan dari arah Jawa Barat menuju Daerah Istimewa Yogyakarta. "Rute itu adalah Selokerto – Buayan – Rangkah – Jalan Daendels. Ternyata Gubernur keberatan dengan rute itu, karena dinilainya terlalu panjang, ada kesulitan lumayan tinggi di Buayan yang jalannya berkelok-kelok dan melelahkan  bagi pemudik," jelas Misrodin.

Berdasarkan masukan dari Gubernur Ganjar tersebut, akhirnya rute tersebut  dikoreksi menjadi Gombong – Karanganyar – pertigaan Guyangan di Desa Purwodeso – Kritig – Petanahan – Jalan Daendels. Sedangkan jalur alternatif mudik Kebumen bagian timur adalah Prembun – Lembupurwo – Jalan Daendels. Dan, Kebumen bagian  tengah adalah Kambalan – Ambalresmi – Jalan Daendels. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI