Pemkab Kebumen Resmikan Kawasan Anyaman Pandan dan Batik

KEBUMEN KRJOGJA.com – Lomba pembuatan instalasi dari daun pandan untuk pelajar dan umum hingga membatik oleh ratusan pelajar mewarnai digelarnya Grebeg Pandan, di Alun Alun Desa/Kecamatan Karanganyar Kebumen, Sabtu (03/08/2019).

"Misi utama kami dalam Grebeg Pandan ini adalah launching atau peresmian dua  kawasan industri rakyat yang berkembang di Kebumen, yaitu Kawasan Anyaman Pandan dan Kawasan Batik," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan 
Perempuan dan Anak (DispermadesP2A) Kebumen, Frans Haidar MPA, di Alun Alun, Sabtu (03/08/2019).

Grebeg Pandan yang disaksikan ribuan warga masyarakat serta dimeriahkan  pertunjukkan Tari Cepetan yang dilakukan secara massal oleh ratusan siswa SD  Kecamatan Karanggayam Kebumen tersebut dihadiri Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Ditjen Pembangunan Kawasan Pedesaan  Kementerian Pedesaan, Syahrul MSi.

Adapun Kawasan Anyaman Pandan terdiri dari sentra-sentra kerajinan anyaman pandan di 3 desa Kecamatan Karanganyar yaitu Grenggeng, Pohkumbang dan Wonorejo, serta  dua desa di Kecamatan Karanggayam, yaitu Karanggayam dan Penimbun. Sedangkan 
Kawasan Batik terdiri dari 3 Kampung Batik di Desa Jemur Kecamatan Pejagoan  serta Desa Gemeksekti dan Jemur Kecamatan Kebumen.

Selain didukung oleh instansi pemerintah terkait di Kebumen, penanganan kedua  kawasan tersebut juga melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) milik 8 desa  dan 2 Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD). (Dwi)

BERITA REKOMENDASI