Pemkab Kebumen Wujudkan Pembangunan Dua Tugu Geopark

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Terealisasinya pembangunan dua tugu berbentuk logo Geoprak Karangsambung Karangbolong, masing-masing di Desa/Kecamatan Karangsambung dan Karangbolong Kecamatan Buayan Kebumen diharapkan mampu menjadi tanda pengenal atau petunjuk nyata bagi warga masyarakat tentang diperolehnya sertifikat nasional untuk Geopark Karangsambung Karangbolong di Kabupaten Kebumen pada 30 November 2018 lalu.

“Sekitar 10 bulan pasca diperolehnya sertifikat tersebut akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen berhasil mewujudkan bangunan dua tugu sebagai penanda dimilikinya kawasan geopark kelas nasional bagi Kebumen," ujar Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen, Ir Tri Mulyono di ruang kerjanya, Jumat (11/10/2019).

Selesainya pembangunan dua tugu tersebut menurut Tri Mulyono juga diharapkan mampu menjawab keluhan sebagian masyarakat Kebumen selama ini tentang belum nampaknya penanda di lapangan bagi adanya sebuah geopark berskala nasional di Kebumen.  "Dengan adanya penanda yang nyata ini, maka diharapkan keseriusan Pemkab Kebumen untuk mengelola dan menjaga kawasan geopark ini akan mengimbas secara positip terhadap masyarakat Kebumen. Diantaranya, akan ada rasa memiliki di hati masyarakat Kebumen terhadap geopark ini," ujar Tri.

Dua tugu yang berbentuk logo Geopark Karangsambung Karangbolong tersebut pembangunannya dibiayai APBD Kebumen 2019. Kedua tugu dibangun oleh dua organisasi perangkat daerah (OPD) yang berbeda. Tugu di Karangsambung dibangun oleh Disperkimlh Kebumen, sedangkan tugu di Karangbolong oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI