Pemkab Magelang Bersama Komunitas Relawan SAR Tanam 5000 Pohon Di Lereng Gunung Andong

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Guna memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama komunitas relawan SAR Grabag melakukan kegiatan penanaman ribuan pohon di lereng Gunung Andong di Desa Tirto, Kecamatan Grabag, Jumat (25/2/2022).
Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan penanaman pohon ini sejalan dengan upaya untuk mendukung gerakan pengendalian Emisi Gas Rumah Kaca dan program Kampung Iklim (Proklim).
“Hari ini kita melakukan penanaman 5.000 pohon di lereng Gunung Andong sebagai aksi nyata kita dalam rangka melakukan upaya-upaya pengurangan emisi Gas Rumah Kaca.
Untuk itu, melalui aksi Proklim ini saya himbau agar kampung iklim di Kabupaten Magelang terus ditingkatkan dan dikembangkan supaya dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat,” kata, Zaenal Arifin.
Melalui kegiatan ini diharapkan setiap warga ikut terlibat dalam upaya menuju lingkungan yang sehat, serta turut mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh budaya atau kebiasaan buang sampah sembarangan.
Menurut Zaenal, permasalahan sampah memang tidak ada habisnya. Permasalahan sampah sudah menjadi persoalan serius terutama di kota-kota besar, tidak hanya di Indonesia saja tapi di seluruh dunia. Produksi sampah yang terus menerus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi, dan gaya hidup masyarakat telah meningkatkan jumlah timbunan sampah, dengan berbagai keberagaman karakteristik sampah.
Bahkan, jumlah timbulan sampah di Kabupaten Magelang saat ini juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, dimana timbunan sampah ini merupakan sumber emisi yang berperan besar dalam menimbulkan emisi Gas Rumah Kaca.
Disisi yang lain, masih adanya aktifitas pengelolaan sampah yang salah seperti minimnya daur ulang, pembakaran, pembuangan sampah sembarangan/ilegal, dan pengelolaan sampah di TPA yang belum maksimal juga sehingga sangat berkontribusi meningkatkan emisi Gas Rumah Kaca.

BERITA REKOMENDASI