Pemkab Magelang Dampingi Dana BOS SMA/SMK

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Untuk meningkatkan akuntabilitas mulai dari perencanaan, penggunaan dan pelaporan dana Bantuan Opreasional Sekolah (BOS) di jenjang SMA dan SMK, Pemkab Magelang melakukan pendampingan pada para sekolah penerima. BOS diberikan kepada sekolah yang dikelola sesuai dengan ketentuan yang ditetapan pemerintah pusat dan besarnya disetiap sekolah ditetapkan berdasarkan jumlah murid. Untuk jenjang SMA sebanyak 13.028 siswa dan SMK 18.411 siswa.

“Salah satu tujuan dari BOS adalah menyediakan bantuan bagi sekolah dengan tujuan membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu. Selain itu meringankan beban siswa dalam rangka mendukung pencapaian program wajar 9 tahun,” kata sambutan tertulis Bupati Magelang, yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Drs Indra Wacana pada acara pendampingan dana BOS, Kamis (22/09/2016).

Pendanaan pendidikan BOS khususnya SMK dan SMA, kata Bupati, menjadi tanggung jawab bersama pemerintah pusat, daerah dan masyarakat. “Penggunaan dana BOS di sekolah ini, harus didasarkan pada keputusan bersama antara tim manajemen BOS sekolah, dewan guru dan komite sekolah, yang didaftar sebagai salah satu sumber penerimaan dalan RKAS/RAPBS bersama dengan dana yang diperoleh dari pemda,” jelasnya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Fasilitasi Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang, Dra Bari’ah dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan yang diikuti oleh 160 orang kepala dan bendahara SMA dan SMK se Kabupaten Magelang ini, agar pengelolaan dana BOS SMA/SMK sesuai prosedur yang ditetapkan. “Paserta akan mendapatkan pengarahan dari nara sumber yakni, Bupati Magelang, Polres, Kodim, Kejari dan kasubag keuangan disdik Kabupaten Magelang,” imbuhnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI