Pemkab Magelang Segera Cairkan Bantuan Stimulus Ekonomi

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Magelang, akan segera menyalurkan dana stimulus ekonomi sebesar Rp 30 milyar. Dana hibah tersebut, diberikan kepada pelaku usaha, baik kelompok maupun koperasi. Tujuannya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat akibat dampak Covid-19.

“Penyaluran dana stimulus ekonomi, akan ditentukan dari hasil verifikasi tim Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melakukan peninjauan lapangan,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Kamis (22/10/2020).

Menurut Nanda, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) nomor 42 tahun 2020, tentang pemberian dana stimulus ekonomi. Penyalurannya, melalui kelompok OPD. Misalnya, usaha pariwisata verifikasi akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Peternakan Perikanan dan Peterikan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan lainnya.

Sedangkan dana stimulus ekonomi akan disalurkan melalui Lembaga atau kelompok dan perorangan yang memiliki usaha. Untuk kelompok usaha, akan mendapatkan dana sebesar Rp 25 juta, termasuk koperasi. Sementara pelaku usaha perorangan bisa mendapatkan dana sebesar Rp 10 juta. “Syaratnya, pelaku usaha harus sudah mempunyai izin usaha minimal satu tahun sejak 1 Oktober 2019, dilengkapi dengan surat keterangan dari desa,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI