Pemkab Purworejo Bakal Gelar Gerebeg Durian

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kalian para penggemar durian, silakan siap-siap, pasalnya Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Purworejo akan menyelenggarakan Gerebeg Durian. Acara akan dilaksanakan di Jalan Cokronegoro Kompleks Pendopo Bupati Purworejo, Jumat – Minggu (14-16/02/2020) mendatang.

Kepala DPPKP Purworejo Wasit Diono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke 189. "Sebagai bentuk syukur petani Purworejo atas panen durian, sekaligus peringatan hari jadi, maka kita selenggarakan Gerebeg Durian," ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Senin (03/02/2020).

Menurutnya, gerebeg menjadi momentum peringatan hari jadi mengingat Purworejo memiliki potensi durian yang besar. Selain itu, durian adalah buah musiman dan hanya panen pada awal tahun.

Apabila kegiatan dilaksanakan pada akhir bulan sesuai tanggal hari jadi, lanjutnya, penyelenggara akan kesulitan mencari buah. "Jadi pas kalau diselenggarakan pada pertengahan Februari, kalau sampai akhir, bisa-bisa tidak kebagian durian," tuturnya.

Kegiatan gerebeg akab diisi dengan makan durian bersama, bazar durian dan mini games durian. Panitia juga akan menyediakan tempat dan sarana untuk makan durian. "Kami juga akan menyelenggarakan lomba makan durian," ucapnya.

Pemkab akan membuka sebelas stan untuk kecamatan penghasil durian di Kabupaten Purworejo. Satu stan untuk menampilkan bibit durian lokal Purworejo, dan enam stan besar untuk bazzar durian.

Pihak dinas, lanjutnya, mengantisipasi ketersediaan durian untuk bazzar selama tiga hari. "Kami akan komunikasikan dengan pedagang, untuk mempersiapkan durian agar kebutuhan konsumen tercukupi," ujarnya.

Ditambahkan, durian lokak Purworejo layak diangkat dalam berbagai festival. Pasalnya durian lokal memiliki rasa khas dan yakni manis, legit dan pahit. "Tidak kalah dengan Durian Bawor dari Banyumas atau Simimang dari Banjarnegara," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI