Pemkab Purworejo dan Kulonprogo Sepakati Batas Wilayah

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo dan Kulon Progo sepakati batas wilayah untuk penyusunan revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Kesepakatan ini sekaligus menyikapi perbedaan antara peta batas wilayah berdasarkan Permendagri Nomor 19 Tahun 2006, dengan peta batas wilayah yang dikeluarkan Badan Informasi Geospasial serta peta batas wilayah sesuai perapatan pilar batas.

“Dalam kesepakatan itu diantaranya bahwa Kabupaten Purworejo yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Kulon Progo DIY bersepakat menggunakan peta batas wilayah perapatan pilar batas yang telah sesuai dengan kondisi eksisting dengan mengacu pada peta dasar tahun 1938,” kata Kabag Humas Setda Purworejo Rita Purnama SSTP, Selasa (25/2).

Kesepakatan itu berlangsung dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan Penyepakatan Batas Wilayah untuk Penyusunan Revisi Perda RTRW di Ruang Kerja Sekda Purworejo.

Rakor diikuti Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY Drs Trisaktiyana Msi, Analis Penataan Wilayah pada Biro Pemerintahan OTDA dan Kerjasama Setda Provinsi Jateng Budiman SSTP, Asisten I dan III Sekda Purworejo, serta beberapa unsur pejabat Pemprov Jawa Tengah, Pemda DIY, dan Pemkab Kulon Progo.

Selain itu lanjut Rita Purnama, kedua kabupaten yang berbatasan ini juga sepakat menggunakan peta batas wilayah perapatan pilar batas untuk penyusunan peta revisi RTRW. (Nar)

BERITA REKOMENDASI