Pemkab Purworejo Gelar Lomba Kampung Cantik

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menyelenggarakan lomba Kampung Cantik dengan peserta seluruh kecamatan. Sebanyak tujuh belas desa dan kelurahan menjadi wakil dari kecamatan untuk mengikuti kompetisi itu.

Kabid Penaatan dan Penataan Dinas Lingkungan Hidup Muda Kanuni mengatakan, lomba tersebut bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk selalu merawat lingkungannya. “Lomba ini bagian dari kegiatan kampung iklim, di mana bertujuan mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan,” katanya kepada KRJOGJA.com, usai menilai Kampung Cantik di Dusun Pongangan, Desa Loano, Rabu (22/10).

Menurutnya, pemerintah membuat regulasi tentang pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. Dalam aturan, ada poin yang mengharuskan adanya peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan itu.

Dinas Lingkungan Hidup membentuk dua tim untuk melakukan penilaian secara detil tentang konsep Kampung Cantik. Penilaian mulai bidang administratif hingga pelaksanaan program di masyarakat.
Menurutnya, secara umum masyarakat mampu menerjemahkan konsep Kampung Cantik di permukiman mereka. Namun ada beberapa koreksi antara lain persoalan sampah. “Untuk di desa biasanya terkendala soal pengelolaan sampah, warga masih banyak yang membakar sampah, belum dikelola secara terpadu,” ungkapnya.

Kepala Dusun Pongangan Ponijan mengatakan, warga dusunnya mencoba memanfaatkan lahan sekitar rumah untuk budidaya sayuran. “Kami buat konsep bernama Lumbung Pawon, yakni warga secara mandiri bisa mencukupi kebutuhan dapurnya. Dasar konsep itu adalah kondisi pandemi yang menuntut kita untuk bisa berdikari mencukupi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya usai menerima tim penilai kabupaten.

BERITA REKOMENDASI