Pemkab Purworejo Hadapi Krisis PNS

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Tidak adanya rekrutmen pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo sejak lima tahun terakhir mengakibatkan jumlah PNS terus berkurang. Bahkan dua tahun kedepan PNS Purworejo akan kembali berkurang sekitar 1.001 PNS karena memasuki masa purna tugas.

“Jumlah PNS di Pemkab Purworejo sekarang sebanyak 8.890 orang, padahal idealnya diatas 10.000 orang,” kata Kepala Dinas Kepegawaian Daerah (BKD) Purworejo drg Nancy Megawati MM, Selasa (5/12).

Di sela-sela pembinaan guru bersertifikasi di lingkungan UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kecamatan Bayan Purworejo, Nancy Megawati menjelaskan bahwa dari 8.890 PNS itu, 495 diantaranya akan memasuki purna tugas tahun 2018, dan 576 tahun 2019.  

Tahun 2018 yang akan memasusi purna tugas diantaranya 64 pejabat struktural, 282 orang pejabat fungsional tertentu, dan 149 PNS lainnya pejabat fungsional umum.

Sementara itu dalam pembinaan disiplin guru menurut Kepala UPT Disdikpora Bayan Tukimin SPd MPd, bertujuan untuk  akurasi beban kerja guru, terutama bagi guru yang sudah bersertifikasi. Untuk akurasi itu terutama dengan menggunakan mesin absensi sidik jari di sekolah masing-masing. “Ini sekaligus untuk pembinaan terpadu,” jelas Tukimin.

Kegiatan ini diikuti 120 orang, diantaranya para kepala sekolah, guru sertifikasi, tenaga administrasi sekolah, dan guru dari sekolah swasta masing-masing 30 orang. (Nar)

BERITA REKOMENDASI