Pemkab Purworejo Register 156 Cagar Budaya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo baru berhasil meregister 156 cagar budaya di wilayahnya. Padahal jumlah bangunan dan benda bersejarah yang ada di Purworejo mencapai ribuan. 

Masih banyaknya cagar budaya yang belum teregistrasi karena prosesnya panjang dan membutuhkan alokasi anggaran.  "Tidak mudah meregistrasi cagar budaya, ada beberapa tahapan yang dilalui," kata Koordinator Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Purworejo M Riyanto, kepada KRJOGJA.com, Selasa (20/3).

Proses registrasi diawali dengan pendaftaran secara online atau manual. Kemudian tim ahli akan melakukan kajian terhadap benda yang diusulkan pemohon, kemudian menggelar sidang dengan hasil rekomendasi kepada bupati untuk ditetapkan.

"Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada masyarakat. Penetapan tujuannya agar masyarakat tahu benda adalah cagar budaya, sehingga harus dijaga kelestariannya," tuturnya.

Setiap tahun, pemkab baru mampu melakukan kajian dan rekomendasi penetapan rata-rata sepuluh cagar budaya.
  
Ditambahkan, Purworejo kaya akan cagar budaya baik berbentuk benda atau bangunan. Sebagian benda cagar budaya tersimpan di Museum Tosan Aji Purworejo, namun banyak yang dimiliki masyarakat. (Jas)

BERITA REKOMENDASI