Pemkab Sukoharjo Raih Penghargaan Tertinggi Nasional

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo berhasil mendapatkan prestasi tingkat nasional Top Digital Implementation on Distric Government dengan level Bintang 4. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari program digital yang diterapkan Pemkab Sukoharjo disemua wilayah hingga pelosok pedesaan. Kabupaten Sukoharjo menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang meraih penghargaan Bintang 4 atau tertinggi dari Dewan TIK Nasional (Wantiknas). 

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sukoharjo, Suyamto, Senin (02/12/2019) mengatakan, penghargaan sudah diserahkan pada 27 November di Jakarta kemarin. Prestasi tersebut menjadi kebanggaan bagi Pemkab Sukoharjo atas keberhasilan yang didapat.

Pemerintah pusat atas pelaksanaan program yang dijalankan Pemkab Sukoharjo memberikan apresiasi. Sebab penghargaan Top Digital diraih atas penerapan digitalisai layanan pemerintahan di Kabupaten Sukoharjo telah menjangkau seluruh perangkat daerah dan desa/kelurahan. Selain itu, layanan aplikasinya juga telah menjangkau di 167 pemerintah desa/kelurahan lewat aplikasi surat keterangan umum terpadu (skuter) yang didukung oleh layanan infrastruktur intranet dan internet.

Digitalisasi tersebut dinilai pemerintah pusat memiliki nilai sangat tinggi karena belum diterapkan di daerah lain. Selain program yang baik, pemerintah pusat juga melihat dampak besar penerapan teknologi mampu mempermudah pelayanan pada masyarakat.

"Penghargaan ini pantas diterima dan pemerintah pusat sendiri sangat kagum serta mengapresiasi program digitalisasi yang sudah diterapkan Pemkab Sukoharjo," ujarnya.

Rintisan digitalisasi hingga pelosok desa sudah dijalankan Pemkab Sukoharjo sejak 2014 lalu hingga sekarang. Di masing masing kantor pemerintah desa dan kelurahan sejak saat itu sudah dilengkapi dengan pelayanan akses internet gratis. Keberadaan internet tidak hanya mempermudah kerja petugas namun juga sebagai fasilitas bagi masyarakat.

"Implementasi teknologi informasi ke tingkat desa akan lebih diperluas cakupannya terutama digitalisasi pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah penerapan tanda tangan digital," lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, Kabupaten Sukoharjo menjadi satu satunya kabupaten dan kota di Indonesia yang mendapat penghargaan Top Digitap Bintang 4. Prestasi tersebut menjadi kebanggaan bagi Pemkab Sukoharjo karena mendapat penghargaan tingkat nasional dan tidak ada daerah lain yang menerima.

"Ini menjadi kebanggan bagi Pemkab dan masyarakat Sukoharjo," ujarnya.

Pemkab Sukoharjo menjadikan momen penerimaan penghargaan sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan pada masyarakat. Menurutnya, dengan penghargaan yang diraih tersebut, Kabupaten Sukoharjo dikategorikan telah memiliki tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sudah baik. Infrastruktur pendukung teknologi digital yang tersedia sesuai dengan kebutuhan saat ini.

"Jangkauan akses internet dan teknologi sudah dirasakan hingga ke tingkat desa. Masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas tersebut dan tentunya pelayanan semakin mudah," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI