Pemkab Temanggung Dorong Industri Tembakau Lintingan

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung  mengatakan desa-desa wisata di kabupaten tersebut untuk menyediakan suguhan kopi dan tembakau lintingan sebagai daya tarik bagi para wisatawan sekaligus menunjukkan ciri khas Temanggung.

"Kopi dan tembakau merupakan produk unggulan Temanggung, desa wisata dapat mempromosikannya dan ini dapat jadi daya tarik," kata Woro, Rabu (28/3)

Dia mengatakan dalam beberapa waktu terakhir melinting tembakau menjadi tren kembali di masyarakat. 'Ritual' melinting  ini menjadi nilai yang atraktif. Maka tradisi unik ini perlu disuguhkan kepada para wisatawan sebagai daya tarik.

Dia menyampaikan tidak setiap orang dapat ngelinting tembakau sehingga perlu ada petunjuk teknis cara ngelinting tembakau tersebut. Contohnya, berarap banyak tembakaunya dan berapa cengkihnya. Ini agar wisatawan yang hendak ngelinting dapat memahaminya dengan mudah. 

Dikatakan untuk suguhan kopi sudah dilakukan di sejumlah desa wisata. Jadi tinggal menambah atau mengkombinasikan dengan tembakau lintingan. Tentu tembakau yang dipilih adalah kualitas bagus. 

"Ngelinting tembakau dan minum kopi merupakan atraktif, dan bisa menjadi atraksi budaya. Kedepan bisa dilakukan ngelinting bareng," katanya.

Dia mengatakan bisnis kopi sekarang semakin marak, gerai kopi lokal tumbuh di mana-mana dan hal ini sangat menyenangkan dan memberikan nafas tersendiri bagi industri pariwisata, karena begitu orang datang berarti pariwisata di Temanggung menggeliat. (Osy)

BERITA REKOMENDASI