Pemkab Temanggung Raih Penghargaan SAKIP

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung meraih penghargaan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atas Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019 (SAKIP). Easil evaluasi Sakip 2019, Temanggung meraih poin 60,16 dengan predikat B.

Kabag Humas Setda Kabupaten Temanggug Sumarlinah mengatakan pelaksanaan evaluasi ini berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. “Penghargaan diterima Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo di Yogyakarta,” kata Sumarlinah, Jumat (27/02/2020).

Dikemukakan evaluasi bertujuan menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan angggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan. “Penilaian menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya sudah cukup memadai,” katanya.

Selain itu kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah Kabupaten Temanggung sudah menunjukkan hasil yang baik. Komponen penilaian pada evaluasi Sakip meliputi perencanaan kerja, pengukuran kineja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja. Capaian tahun ini lebih baik dibanding tahun 2018 predikat CC dengan total skor 59,05.

Dikatakan Pemkab Temanggung akan terus mengupayakan perbaikan Sakip agar lebih optimal dengan harapan kelak mendapat penghargaan kategori A. Upaya itu diantaranya ditempuh dengan mengevaluasi secara berkala atas rencana startegis instansi.

Disamping itu katanya mengembangkan aplikasi manajemen kinerja secara terintegrasi mulai dari perencanaan, pengukuran kinerja dan penganggaran sehingga dapat mengoptimalkan penerapan performance based budgeting secara konsisten ditingkat OPD. “Upaya lainnya adalah meningkatkan kualitas laporan kinerja,” katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI