Pemkab Temanggung Siapkan Tim Swab Tes

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung menyiapkan tim khusus untuk melakukan swab tes pada warga yang berkerumun. Meski begitu, kerumunan tetap dibubarkan.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan Satgas penanganan Covid-19 dan Polri serta Satpol PP bergerak mendeteksi kerumunan. Sedari awal warga diberi edukasi untuk tidak berkerumun pada masa liburan, sebab potensi terjadi penularan virus corona.

“Pertama kami edukasi warga tidak berkerumun, jika tetap berkerumun akan dibubarkan, tetapi tetap harus swab tes, ini sudah keputusan pada rapat Satgas,” kata Al Khadziq, Jumat (25/12/2020).

Dia mengatakan edukasi dilakukan satgas dari tingkat kabupaten sampai desa, dengan memanfaatkan berbagai kesempatan. Diharapkan warga dapat mengingat, memahami dan mematuhi sehingga dapat mencegah penularan. “Kami lakukan pencegahan, sedari awal untuk menghindari kejadian kasus yang besar,” katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Khabib Mualim mengatakan telah disiapkan tim dengan peralatannya untuk melakukan swab tes pada warga yang berkerumun. “Nanti jika ada warga yang berkerumun, petugas langsung mendatangi dan dilakukan swab tes,” kata dia.

Warga, kata dia, kemudian disarankan untuk isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab keluar sekitar 3 sampai 5 hari, dan yang kedapatan positif, diharuskan untuk meneruskan isolasi mandiri hingga 10 hari.

Dia mengatakan, dahulu jika ada kerumunan dilakukan rapid tes, tetapi karena dinilai tidak efektif untuk mendeteksi warga yang terpapar terutama orang tanpa gejala (OTG), sehingga diputuskan untuk swab tes yang lebih akurat.

Infografis Satgas Penanganan Covid-19, Jumat (25/12/2020) di Kabupaten Temanggung terdapat 219 kasus aktif Covid-19, dengan 150 menjalani isolasi dan 69 dalam perawatan di sejumlah rumah sakit. Keseluruhan kasus sampai saat ini berjumlah 2.536 kasus dangan 2204 sembuh dan 113 meninggal dunia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI