Pemkb Temanggung Bakal Susun Perda Penanganan Covid-19

TEMANGGUNG (KRJOGJA.COM) – Pemerintah Kabupaten Temanggung mempertimbangkan usulan pembuatan peraturan daerah (perda) untuk penanganan Covid-19, khususnya dalam penegakkan hukum, sehingga lebih ada kejelasan hukum.

Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Harry Agung Prabowo mengatakan segera membentuk tim untuk membuat merancang perda penanganan Covid-19. Tim diantaranya beranggotakan dari Bagian Hukum Setda, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan instansi terkait.

” Tim ini selanjutnya akan berkonsultasi dengan kepolisian dan kejaksaan negeri. Konsultasi diperlukan untuk mendalami berbagai aspek hukum,” kata Harry Agung Prabowo, Minggu (7/2).

Agung mengatakan gagasan perda penanganan Covid-19 tersebut mencuat pada rapat koordinasi satgas Covid-19 beberapa hari lalu. Dinilai, Perda sangat diperlukan agar penanganan lebih lebih terfokus dan tindakan penegakkan pada yang melanggar protokol kesehatan lebih ada dasar hukumnya.

” Jadi nanti dasarnya Perda, yang merujuk pada aturan diatasnya, yang diantaranya UU,” kata dia.

Dia mengemukakan usulan pembuatan perda terutama dari Pihak Kepolisian Resort Temanggung dan Kejaksaan Negeri setempat, selain dari internal pemkab. Pemkab merespon positif jika memang dipandang perlu, sehingga dalam penegakkan hukum, razia prokes menjadi lebih kuat jika ada perda.

Dikatakan sejumlah pemda telah memiliki perda tersebut, nanti tim pemkab dapat mencontohnya, untuk segera diusulkan dan dibahas di DPRD. Langkah mencontoh ini, agar lebih cepat. Namun tentu disesuaikan dengan Temanggung.

Wakapolres Temanggung Kompol Hari Sutady mengatakan perda penanganan Covid-19 diperlukan agar dalam penegakkan hukum punya dasar hukum yang lebih kuat. ” Tim penegakkan hukum akan lebih mantap dalam memberikan sanksi pada masyarakat yang melanggar,” kata dia.

Dia mengatakan Polres Temanggung siap untuk membantu Pemkab Temanggung dalam membuat perda yang diperlukan termasuk nanti bila sudah disahkan untuk penegakkan hukumnya. ” Polri dan TNI tentunya siap membantu. Kami berikan yang terbaik,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI