Pemprop Jateng Kembangkan Ekonomi Kreatif

Isu itu, terusnya diantaranya perlunya perubahan perilaku pelaku ekonomi kreatif di masa Pandemi Covid-19 ini. Disatu sisi berkreasi untuk menarik konsumen dan disisi lain mengedukasi konsumen perlunya penerapan protokol kesehatan guna pengendalian paparan Covid-19. “Peningkatan pendapatan dan kesejahteraan didapat dengan tetap sehat, tidak tertular Covid-19,” kata dia.

Dikatakan, diperlukan kompetisi guna memotivasi semangat untuk berkreasi para pelaku ekonomi kreatif di Jateng. Kompetisi yang telah dilakukan di beberapa kabupaten/kota untuk membangkitkan perekonomi masyarakat. Diantaranya adalah dalam meracik kopi oleh para barista muda.

” Barista yang ikut kompetisi, sudah tersertifikasi kompetensinya melalui lembaga sertivikasi kompetensi. Mereka berkreasi dalam meracik kopi khas dari daerah mereka sendiri-sendiri, kreasinya macam-macam,” kata dia.

Sulistiyo mengatakan KEK diharapkan mampu pula mengembangkan UMKM yang digelutinya, sehingga berefek pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, seperti dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. (Osy)

BERITA REKOMENDASI