Pemuda Lintas Agama Serukan Kampanye Damai

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRJOGJA.com – Puluhan pemuda lintas agama se-Sragen menggelar aksi damai dan deklarasi agar pelaksanaan Pileg dan Pilres 2019 berjalan aman, damai dan lancar di alun-alun Sasana Langen Putro Sragen, Senin (24/9). Deklarasi digelar seiring dimulainya masa kampanye Pileg dan Pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pserta aksi damai sempat melakukan long march

sepanjang jalan raya Sukowati hingga taman Krido Anggo. Sepanjang perjalanan, warga menyambut dengan antusias. Apalagi peserta deklarasi juga menampilkan berbagai aksi kesenian dan tarian. Sesuai jadwal, kampanye sudah dimulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Sementara, pemilih dijadwalkan menggunakan hak suaranya pada 19 April 2019.

Koordinator aksi, Indro Supriyadi menyampaikan, aksi ini bertujuan mengingatkan segenap politisi agar senantiasa menjaga kondusivitas selama masa kampanye. "Kami juga menyerukan politisi menjauhi politik uang, SARA, dan penggunaan hoax, agar pesta demokrasi berjalan aman, lancar dan damai," ujarnya.

Menurut Endri, seluruh pelaku politik juga harus selalu berpegangan pada peraturan yang berlaku saat menggelar kampanye. Dengan aksi ini diharapkan bisa terjalin kerukunan dan saling menjaga antar umat beragama. Selain itu keberagaman yang ada dapat terjaga sebagai wujud kebhinekaan. "Kami menolak segala upaya politisasi simbol-simbol agama, suku dan ettis dalam bentuk kegiatan politik praktis," tegasnya.

Endro berharap pesta demokrasi lima tahunan bisa dilalui dengan penuh keceriaan dan dijauhkan dari intimidasi dan ketakutan. Seluruh warga harus dibiasakan dengan proses politik rutin ini tanpa ada kekhawatiran akan terjadi kerusuhan atau gesekan di antara warga sendiri. (Sam)

BERITA REKOMENDASI