Pemudik Disarankan Tak Pakai Motor

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Masyarakat yang hendak pulang kampung di kota-kota Provinsi Jawa Tengah disarankan tidak mudik mengendarai sepeda motor. Pemerintah menyiapkan berbagai moda transportasi umum, bahkan mengadakan program mudik gratis. Pemprov menyiapkan 197 bus untuk mudik gratis warganya di Jabodetabek ke seluruh kota di Jateng.

"Bukan tidak boleh, namun demi terjaminnya keselamatan, sebaiknya tidak pakai motor. Toh pemprov memberi kemudahan dengan mudik gratis," kata Drs Rukma Setyabudi MM, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, di Purworejo, Selasa (20/06/2017). 

Program tersebut terbuka untuk seluruh warga Jateng. Mereka dipersilakan mendaftar mudik gratis ke perwakilan perantau Jateng yang ada di wilayah DKI Jakarta. Rencananya, pemudik akan diberangkatkan dari TMII Jakarta pada Rabu (21/6).

Selain itu, katanya, pemprov juga bekerjasama dengan PT KAI untuk menyediakan kereta gratis bagi pemudik Jateng. Pemerintah berkomitmen mengurangi pemudik bermotor dengan menyiapkan kapal laut dan kereta api untuk mengangkut sepeda motor.
 
Menurutnya, pemerintah dan seluruh elemen di Jateng telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi kepadatan lalu lintas saat arus mudik dan balik lebaran. Persiapan infrastruktur, lanjutnya, seperti pembangunan jalan tol pantura yang sudah sampai Kabupaten Batang dan sudah bisa digunakannya tol Bawen – Salatiga. (Jas)

BERITA REKOMENDASI