Penambang Manual dan Alat Berat Bersinergi

MAGELANG (KRjogja.com) – Guna menjalin keakraban dan sinergisitas antara penambang manual dengan alat berat, dilangsungkan selamatan di kawasan Bego Pendem Lereng Gunung Merapi di Desa Kemiren, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Selasa (27/09/2016). 

Kegiatan diawali doa yang diikuti para penambang lainnya guna meminta keselamatan dalam melakukan aktivitas penambangan baik secara manual maupun alat berat.  Saat itu, tak kurang ada lima tampah besar berisi nasi megana, ayam ingkung, kuraban, tempe goreng dan telur godok. Usai berdoa, para penambang manual maupun penambang alat berat, kemudian makan bersama. Mereka mengambil nasi, kuraban maupun ayam secara sendiri-sendiri. 

"Tujuan kegiatan ini untuk menjalin keakraban dan sinergisitas antar penambang manual serta penambang alat berat di kawasan Bego Pendem. Sekalipun acara selamatan tersebut sempat diwarnai dengan gerimis, namun tak mengurangi semangat dan keguyuban para penambang untuk melangsungkan acara,“ ungkapnya.

Ditambahkan, Ari penambang manual warga setempat, jika acara ini sebagai wujud selamatan, semoga diberikan keselamatan dalam melakukan penambangan. "Ini salah satu bentuk kerjama sama antara penambangan manual dengan penambang alat berat,” imbuhnya, di sela-sela selamatan. (Bag)

BERITA REKOMENDASI