Penanganan Dugaan Penyimpangan Propendakin Naik ke Penyidikan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo meningkatkan status penanganan dugaan penyimpangan kegiatan Propendakin tahun 2018 dari penyelidikan ke tahap penyidikan. Peningkatan status itu dilakukan setelah penyidik melihat adanya indikasi pelanggaran pidana dalam program pengentasan kemiskinan di Purworejo itu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kejari Purworejo DB Santoso usai menerima perwakilan sejumlah elemen masyarakat dalam audiensi yang dilaksanakan di kantor Kejari, Jumat (5/12). “Peningkatan status dari penyelidikan ke penyidikan sudah dilakukan sejak 19 November 2020,” ungkapnya.

Menurutnya, penyidik masih terus mengumpulkan barang bukti dan keterangan para saksi untuk mengetahui pihak yang paling bertanggung jawab dalam dugaan penyelewenangan itu. DB Santoso menegaskan, penyidik membutuhkan waktu untuk mengungkap dugaan tindak pidana itu.

Pihak Kejari juga belum bersedia menyebutkan secara spesifik terkait perkara, nilai kerugian negara, dan nama-nama yang berpotensi menjadi tersangka. “Kami sementara hanya menyampaikan bahwa dalam penyaluran bantuan Propendakin ada dugaan penyalahgunaan,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI