Penanganan Stunting Purworejo Masuk Lima Terbaik Jateng

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Penanganan stunting di Kabupaten Purworejo masuk lima besar terbaik seluruh Jawa Tengah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berhasil menekan prevalensi angka stunting menjadi 15,7 persen pada tahun 2021.

Prevalensi stunting berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) itu, berada di bawah angka Jawa Tengah yang mencapai 20,9 persen, dan nasional 24 persen. “Berdasarkan survey, Purworejo berhasil menurunkan angka stunting, dan situasi itu jangan sampai menjadikan kita lengah, karena faktanya masih ada anak stunting di Purworejo,” kata Wakil Bupati Purworejo Yulis Hastuti SH, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Sabtu (28/5/2022).

Pemkab Purworejo, katanya, terus bertekad menekan angka stunting pada anak. Bahkan, untuk tahun 2022, pemkab menargetkan prevalensi angka stunting kembali turun pada angka 12,2 persen.

Menurutnya, usaha menekan angka stunting tidak hanya menjadi tugas dinas sosial atau dinas kesehatan saja. Namun, lanjutnya, dibutuhkan sinergitas lintas lembaga serta dari seluruh unsur masyarakat, termasuk akademisi dan dunia usaha. “Selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Purworejo, saya meminta semua bergerak, bersinergi secara optimal, terus berupaya menekan angka stunting di Purworejo,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI