Penanganan TB HIV Butuh Dukungan Banyak Pihak

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRjogja.com – Penanganan tuberculosis (TB atau TBC) dan human immunodeficiency virus (HIV) mebutuhkan dukungan banyak pihak dan dari berbagai elemen. Mengingat jika dukungan dana nanti menipis maka sudah terjalin komunikasi dengan berbagai elemen yang dalam koalisi dapat terus melanjutkan program ini.

“Paling tidak dapat untuk mewujudkan tujuan yang kita inginkan dalam program ini melalui berbagai MoU dan peran serta media,” kata fasilitator yang sekaligus Ketua Lembaga Kebudayaan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Purworejo Murni Rahayu, Rabu (17/10).

Dalam kegiatan Capacity Building of Civil Society Organization (CSO) di Hotel Suronegaran Purworejo Murni Rahayu mengaku sangat mendukung  salah satu rangkaian program ini karena dapat memberikan manfaat banyak pihak.

Program Sub-Sub Recipient (SSR) TB HIV Care ini merupakan program kerja sama yang ada di tingkat Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah dengan Global Fund yang kemudian diturunkan hingga tingkat daerah di Kabupaten Purworejo.

TB merupakan penyakit infeksi dan sudah menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia.  Sayangnya, masih banyak yang tidak menyadari atau bahkan tidak tahu tentang bahaya TB dan cara pengobatannya.

Melalui kegiatan yang lebih mengedepankan diskusi materi ini diantaranya terkait kebijakan publik, konsep pelayanan publik, perencanaan serta penganggaran, peran serta masyarakat, dan kampanye media.

Kegiatan yang menghadirkan nara sumber dari Bappeda Purworejo ini juga menghadirkan pihak media massa yang diwakili SKH Kedaulatan Rakyat dan fasilitator. (Nar)

BERITA REKOMENDASI