Pencanangan Kampung Pancasila Dilangsungkan di Muncar

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kampung Pancasila ke 15 di Kabupaten Temangung dicanangkan di obyek wisata Muncar Moncer di Dusun Muncar Gumuk Desa Muncar Kecamatan Gemawang Temanggung, Kamis (14/07/2022). Bupati Temanggung Al Khadziq diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Lingkungan Hidup, Tri Raharjo.

Pencanangan ditandai dengan pemotongan pita yang disambut dengan tari gambyong dan Gending Gugur Gunung dari grup kesenian Wahyu Mudo Santoso Dusun Muncar Lor. Dengan pencanangan itu, Desa Muncar menjadi Kampung Pancasila ke-15 di Kabupaten Temanggung.

Tri Raharjo mengatakan Pancasila adalah roh dan jiwanya masyarakat dan bangsa Indonesia. Dikatakan pengambilan kata Kampung Pancasila, karena kampung ini lebih sederhana dan lebih dekat dengan masyarakat, maka jiwa Pancasila itu harus dibangun.

“Sebab Indonesia itu beragam dan berbeda, namun disatukan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya

Dikatakan di lambang Pancasila ada kalimat Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu. Maka Pancasila ini wajib dipahami dengan akal, kemudian jiwai, dan ini merupakan aspek pertahanan bangsa Indonesia.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Muh Amin menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dicanangkannya Kampung Pancasila di Temanggung, yang hingga kini telah ada 15 Kampung Pancasila.

“Keberadaan Kampung Pancasila diharapkan nilai-nilai luhur Pancasila semakin membumi di tengah masyarakat,” kata dia.

Dia mengatakan dipilihnya suatu kampung menjadi Kampung Pancasila bukan tanpa alasan. Pasti telah memiliki persyaratan tertentu yang membanggakan.

“Kehidupan di Kampung Pancasila harus menjadi contoh sebab cerminan dari pengamala Pancasila,” kata dia.

Kapten Arm Muhaimin mewakili Dandim 0706 Temanggung menerangkan situasi kondisi nasional dan global mengharuskan digiatkannya pencanangan Kampung Pancasila, dan harapannya anak cucu dapat memahami wawasan kebangsaan.

Dikatakan Desa Muncar salah satu tolok ukur Kampung Pancasila bagi desa dan kelurahan di Kabupaten Temanggung. Di Kampung Pancasila keputusan bersama untuk kepentingan masyarakat didasarkan musyawarah mufakat.

“Warga di kampung Pancasila saling asah, saling asuh, dan saling asih,” kata perwira yang bertugas di Komando Distrik Militer (Kodim) 0706 Temanggung itu.

Dia mengemukakan Desa Muncar sendiri terdiri dari 8 dusun yaitu, Blawong Wetan, Blawong Kulon, Muncar Lor, Muncar Krajan, Rejosari, Muncar Gumuk, Muncar Kulon, dan Tlogowungu.

Di Desa ini terdapat keanekaragaman budaya, adat istiadat , agama dan kepercayaan tercermin dari adanya masjid, gereja, dan vihara, serta tiap tahun diadakan Merti Dusun. (Osy)

BERITA REKOMENDASI