Pencemaran Lingkungan, Pemerintah Awasi PT SMA

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Temanggung masih awasi proses perbaikan dan pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) milik PT Sumber Makmur Anugrah (SMA) di Desa Soropadan Kecamatan Pringsurat. Pengawasan dan pemantauan dilakukan sejak September 2020 lalu.

“Saat ini masih proses penyelesaian Ipal PT SMA,” kata Kepala DPRKPLH Temanggung Entargo Yutri Wardono, Selasa (19/01/2021).

Menurutnya, saat ini masyarakat di sekitar kali tersebut sudah menerima upaya yang dilakukan oleh PT SMA, namun masyarakat di Kabupaten Magelang masih mempermasalahkan soal tersebut.  Oleh karena itu lanjut Entargo, pihaknya saat ini masih terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Magelang untuk menyelesaikan persoalan ini.

Dikatakan dalam pembuatan Ipal, pemerintah memberikan waktu yakni 180 hari atau enam bulan dari waktu kejadian, dengan interval waktu tersebut pihak pabrik harus sudah selesai membangun Ipal. “Kejadiannya pada bulan September 2020 dan bulan Febuari 2021 mendatang pihak pabrik mentargetkan sudah selesai,” terangnya.

Ia mengatakan, hasil pemantauan di pabrik tersebut memang sudah ada pergerakan untuk meningkatkan kualitas Ipal, selama pembangunan Ipal, pihak perusahaan sudah melaksanakana kegiatan perlakuan pengolahan limbah dengan bahan kimia.

Diterangkan hasil laboratorium ternyata hasilnya polutan dari limbah tidak begitu signifikan dan dari pengusaha sendiri sudah mencoba membuat restoking dan ternyata sampai sekarang ikan tidak mati. (Osy)

BERITA REKOMENDASI