Pendaftaran Haji Terus Dibuka, Daftar Tunggu 23 Tahun

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kementerian Agama (Kemenag) selaku penyelenggara ibadah haji tidak akan pernah menutup pendaftaran calon jamaah haji. Sementara hingga kini daftar tunggu untuk pemberangkatan haji sudah mencapai 23 tahun kedepan.

“Saat ini tidak ada istilah pendaftaran haji tutup pada jam dinas, namun untuk pemberangkatannya tetap berdasarkan urut pendaftaran,” kata Kepala Kemenag Kabupaten Purworejo Drs H Bambang Sucipto MPdI, Sabtu (15/12/2018).

Dalam sosialisasi kebijakan penyelenggaraan haji di pendapa rumah dinas bupati Purworejo yang diikuti para perwakilan KBIH, kepala KUA, penyuluh agama baik PNS maupun non PNS, dan para perwakilan guru ngaji ini Bambang Sucipto menandaskan, bahwa adanya kebijakan bagi calon jamaah yang sudah berumur tidak sepenuhnya dapat jaminan.

“Yang sudah berusia 75 tahun memang boleh mengajukan usulan untuk didahulukan, namun keputusan tetap mengacu pada aturan. Jika kebetulan ada kekosongan karena sesuatu hal, maka bisa saja dimajukan,” katanya.

Diakui, pada pemberangkatan ibadah haji lalu ada usulan maju dari sekitar 150 jamaah. “Tapi dari jumlah itu yang terkabul hanya tujuh orang,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Assisten Sekda bidang Kesra Purworejo Drs H Muh Wuryanto MM menambahkan, bahwa soosialisasi kebijakan penyelenggaraan haji ini memiliki urgensi khususnya yang terkait tugas dalam melayani, membina, dan melindungi calon jamaah haji, agar dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat. (Nar)

BERITA REKOMENDASI