Pendaki Susi dan Perahu Diminta Hati-hati

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pendaki Gunung Sumbing, Sindoro (SuSi) dan Perahu diminta waspada saat melakukan pendakian, benar-benar mempersiapkan fisik dan membawa bekal. Pendaki juga diminta berkoordinasi dengan pengelola jalur pendakian atau pengelola gunung sebelum mendaki.

Baca Juga: Akibat Karhutla, Negara Rugi Rp75 Triliun

Wakil Administratur PT Perhutani KPH Kedu Utara, Bagas Avianto mengatakan malam tahun baru tidak ada penutupan jalur pendakian di Sumbing, Sindoro dan Perahu. Masyarakat dipersilahkan mendaki, namun harus mempersiapkan diri, selalu hati-hati, koordinasi dengan petugas dan menjaga kelestarian alam.

"Selalu taati aturan, jaga norma, dan jaga kelestarian alam," kata Bagas, Selasa (31/12/2019).  

Dia mengatakan memasuki musim ekstrim, yang sering ada badai di lereng dan puncak gunung, pada pendaki diminta pula untuk mewaspadainya. Bila cuaca sedang tidak memungkinkan untuk tidak melakukan pendakian, sebab membahayakan keselamatan jiwa.

"Kecelakaan bisa terjadi, cuaca buruk bisa menyebabkan kondisi tubuh turun, sehingga harus memperhatikan cuaca. Seringkali terjadi kecelakaan karena jalan licin usai hujan," katanya.

Baca Juga: Evakuasi Pohon Tumbang, Relawan Digigit Ular

Namun, katanya jika terpaksa harus menempuhnya, terutama ketika perjalanan turun untuk berhati-hati, tidak menempuh sendirian dan usahakan mencari tempat perlindungan.

Dikemukakan pada pergantian tahun, banyak warga yang naik gunung, jumlahnya mencapai ribuan. Mereka dari berbagai daerah. Maka itu, pihaknya meminta pada pengelola jalur pendakian untuk tidak henti-hentinya mengingatkan mematuhi aturan pendakian. (Osy)

BERITA REKOMENDASI