Pendakian Gunung Sumbing dan Wisata “Nepal Van Java” Ditutup Saat Lebaran

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJogja.com – Kegiatan pendakian ke puncak Gunung Sumbing dan kunjungan wisata di “Nepal Van Java” Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang akan ditutup sementara pada lebaran mendatang.

Kepala Dusun Butuh Lilik Setiyawan kepada KRJogja.com di rumahnya, Senin (3/5/2021), mengatakan pihaknya juga sudah membuat Surat Edaran (SE) berkaitan dengan hal ini dengan nomor No: SE/14/Bth/V/2021 tertanggal 3 Mei 2021. Penutupan dilaksanakan mulai 10 Mei 2021, dan akan dibuka kembali 16 Mei 2021.

Dikatakan, berdasarkan musyawarah Pemerintah Dusun Butuh dengan pengelola pendakian Gunung Sumbing “Symphony Sumbing” dan wisata “Nepal Van Java” Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik tentang penutupan aktivitas pendakian dan wisata dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri tahun 2021.
Pertimbangan penutupan ini yang paling utama, lanjutnya, adalah untuk tetap bisa merayakan adat Idul Fitri sebagaimana mestinya orang desa. “Makanya kami putuskan H+3 bukanya,” kata Lilik.

Diakui, keputusan ini sebenarnya agak pro-kontra. Tetapi Kepala Dusun Butuh memiliki kewajiban untuk masyarakat, agar tidak tergeser adat dan tradisi apapun yang ada di Dusun Butuh yang lokasinya berada di ketinggian sekitar 1.650-1.750 meter di atas permukaan air laut (mdpl) ini. Untuk kegiatan silaturahmi ke sanak-saudara paling tidak 3 hari baru selesai dilakukan.

Juga disampaikan untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan apapun, khususnya berwisata, mengingat situasi pandemi yang masih tinggi dan dalam upaya mendukung program penanganan oleh pemerintah. (Tha)

BERITA REKOMENDASI