Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten Magelang Harus Sesuai SPM

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin mengungkapkan bahwa, jumlah peserta didik di Kabupaten Magelang sebanyak 150.501 siswa dari berbagai macam jenjang satuan pendidikan. “Untuk Paud ada banyak sekali lembaganya, 889 dan masih ada potensi untuk berkembang lagi,” ungkapnya.

Kendati demikian, Aziz mengatakan, ada beberapa lembaga Paud yang masih belum terverifikasi yang dikarenakan oleh beberapa hal antara lain, jumlah siswa yang belum memenuhi (minimal 15), kelompok belajar minimal 10, belum memiliki struktur panitia, dan areanya belum memenuhi syarat (belum terverifikasi atau tervalidasi).

Menurut Aziz, standar pelayanan minimal pendidikan harus diterapkan di seluruh jenjang mulai dari Paud, TK, SD, dan SMP untuk memberikan panduan kepada pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan dasar peserta didik sesuai dengan jenjang dan jalur pendidikan.

“Prinsip penerapan SPM pendidikan ada enam poin yang harus dipahami antara lain, kesesuaian, ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan, keterukuran, dan ketepatan sasaran,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI