Pengamen Nekat Curi Motor

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pengamen berinisial Sap (25) warga Sentolo Kulonprogo ditangkap Unit Reskrim Polsek Purworejo. Pria tersebut nekat mencuri sepeda motor milik Ismail (58) warga Brengkelan, Kelurahan/Kecamatan Purworejo.

Aksi pencurian tersebut bermula ketika tersangka mengamen di sekitar lingkungan tempat tinggal korban, Rabu (28/11/2018) sore. "Tersangka buang air kecil di musala dekat rumah korban. Setelah selesai, Sap melihat motor matik diparkir, kunci kontaknya masih tergantung, juga ada helmnya," ujar Kapolsek Purworejo AKP Markotip kepada KRJOGJA.com, Selasa (04/12/2018).

Muncul niat tersangka mencuri sepeda motor AA 4993 HL tersebut. Pelaku menuntun motor keluar gang menuju jalan raya, lalu dinyalakan dan dibawa kabur. Korban juga meninggalkan STNK dalam jok motor sehingga membuat pelaku leluasa beraktivitas menggunakan motor itu.

Korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Purworejo. Polisi hanya butuh waktu dua hari untuk mengungkap kasus tersebut.

Menurutnya, dari penyelidikan terungkap bahwa ada pengamen pada saat kejadian. "Kami kembangkan informasi tersebut, akhirnya pelaku teridentifikasi dan berhasil ditangkap di Purworejo pada Jumat (30/11/2018)," tuturnya.

Polisi mendalami keterangan tersangka dan diketahui Sap baru sekali beraksi mencuri sepeda motor. "Tersangka adalah pelaku tunggal, kami jerat dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. Kami imbau masyarakat hati-hati, jangan tinggalkan kunci tergantung di motor, atau simpan STNK di tempat semestinya," tegasnya.

Sementara itu, tersangka mengaku mencuri karena ingin memiliki sepeda motor korban. Motor itu digunakannya bersama istri jalan-jalan keliling Purworejo, bahkan hingga Kulonprogo. "Tidak saya jual, saya ingin pakai. Saya tidak punya uang, jadi nekat ambil motor," katanya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI