Pengawas TPS Harus Bebas dari covid-19

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRJOGJA.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo ingin memastikan bahwa para Pengawas TPS untuk Pilkada 2020 Kabupaten Purworejo bebas dari covid-19. Jika ternyata ada yang reaktif maka akan segera diganti.

“Sebanyak 1.901 orang Pengawas TPS untuk Pilkada 2020 Kabupaten Purworejo menjalani rapid test. Ini dilakukan sebelum mereka melaksanakan tugas di lapangan,” kata Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Purworejo, Abdul Azis Senin (30/11/2020).

Pengawas TPS ini tersebar di 494 desa/kelurahan, menjalani rapit test di kecamatan masing-masing yang dilakukan petugas Puskesmas kecamatan setempat,

Kegiatn ini katanya, dilakukan guna memastikan jajaran Pengawas TPS sehat dan tidak terpapar virus covid-19 saat menjalankan tugas.

Jika ditemukan ada Pengawas TPS yang hasilnya reaktif maka akan dilakukan swab oleh satgas covid-19 yang dilakukan di Puskesmas masing-masing, atau akan dilakukan rapid test kebali, dan apabila hasil rapidnya masih reaktif, maka akan dilakukan penggantian,

“Kami ingin memastikan kepada masyarakat, bahwa jajaran Pengawas TPS yang bertugas di lapangan terbebas atau aman dari virus Covid-19,” jelas Abdul Azis.

Dikatakan pula, bahwa pelaksanaan rapid test dilakukan serentak di seluruh Purworejo. Rapid test dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menyediakan handsanitazer, sarana cuci tangan dan menjaga jarak. (Nar)

BERITA REKOMENDASI