Pengelolaan Dana Desa, Desa Diminta Siapkan SDM

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Besarnya anggaran dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke desa-desa, bakal memicu pembangunan dan kemakmuran masyarakat desa. Namun jika tidak mampu melakukan pengeloalan keuangan, justru akan menimbulka masalah baru.

“Kami minta setiap desa menyiapkan sumber daya aparatur desa yang mumpuni untuk mengurusi manajemen keuangan dan anggaran yang baik, penyiapan kelembagaan masyarakat di desa untuk mendukung jalannya pelaksanaan pembangunan desa, serta penguatan peran BPD untuk mengawal jalannya tata kelola pemerintahan di tingkat desa,” kata Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, Senin (18/9/2017).

Pada kegiatan pengukuhan SOTK Pemerintahan Desa Sidorejo Kecamatan Purworjeo di Balai Desa Sidorejo Yuli Hastuti mengingatkan, dengan lahirnya Undang undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, terasa begitu istimewa. Sebab UU ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah dalam mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat, serta menyempitkan disparitas atau kesenjangan wilayah yang selama ini menjadi tantangan pembangunan nasional. Diantaranya dengan adanya dana desa yang merupakan alokasi APBN dengan besaran ratusan bahkan milyaran rupiah per desa.

“Dengan kepercayaan pengelolaan dana desa ini saya titip kepada semua desa supaya tidak menyalahgunakan dana desa. Perlu berbagai langkah antisipasi agar tetap berada dalam koridor tata kelola yang baik dan tidak mendatangkan masalah di kemudian hari,” kata Yuli Hastuti berpesan.(Nar)

BERITA REKOMENDASI