Pengembangan Media Pembelajaran Guru MIM – Kebumen

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Pelatihan pembentukan karakter siswa bagi guru melalui pengembangan media pembelajaran Matematika bagi guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Semondo, Gombong, Kabupaten Kebumen. Pelatihan ini dilakukan oleh Dr Mujidin MSi, dosen S2 Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogayakarta dan Dra Widayati MSc, dosen Pendidikan Matematika UAD.

Widayati mengatakan, pelatihan ini diikuti 60 guru MIM Semondo dan sekitarnya. Pada acara pembukaan dihadiri antara lain oleh Pengawas Madrasah Ibtidaiyah, Hayat Sholihanto SAg MPd, Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gombong Kebumen, Kepala Sekolah MIM Semondo Muhammad Khojim SAg, guru-guru MIM Semondo juga guru dari sekolah lain.

Dijelaskan, Madrasah/sekolah berada di Jalan Lintas Selatan Gg Rujakbeling 02/05 Semondo Gombong Kebumen terdapat 9 kelas. Dari hasil observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah MIM Semondo ditemukan beberapa permasalahn yang harus segera diselesaikan. Temuan itu, masih banyak siswa yang semangat belajarnya sangat kurang, kepemilikan buku pelajaran masih kurang, sehingga rasa ingin tahunya tentang ilmu masih sangat kurang. Masih banyak siswa kesulitan dalam memahami konsep.

Nilai Matematika sangat kurang, tidak memenuhi KKM. Masalah tersebut bisa dari faktor lingkungan belajar yang kurang mendukung, faktor dari proses pembelajarannya, atau datang dari para guru yg masih kurang dalam pembentukan karakter dan semangat/ motivasi belajar. “Oleh karena itu tujuan dari pengabdian ini melatih guru-guru dalam Pembentukan Karakter Siswa melalui Pengembangan Media Pembelajaran Matematika,” ujar Widayati, Senin (15/11/2021).

BERITA REKOMENDASI