Pengembangan Obwis Pasir Mendit Picu Konflik Warga

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM berharap konflik antara warga Desa Jogoboyo di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo dan warga Desa Pasir Mendit Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progro dapat segera diakhiri. Pemkab Purworejo juga akan melakukan mediasi dengan Pemkab Kulon Progo, terkait pengelolaan Objek Wisata (Obwis) Pasir Mendit.

“Jika objek wisata (obwis) ini dapat dikelola besama tentu akan menguntungkan kedua belah pihak,” kata Agus Basitian, Jumat (07/07/2017).

Konflik antarwarga desa ini sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir, terutama saat warga setempat berupaya mengembangkan Obwis Pantai Pasir Mendit dengan membangun hutan mangrove. Sejak itu pengunjung mulai tertarik dan berdatangan di obwis ini.

Lokasi Desa Pasir mendit berada di sisi barat Sungai Bogowonto di sebelah selatan Desa Jogoboyo. Untuk menuju lokasi itu satu-satunya akses jalan harus melalui Jogoboyo. Namun dari sisi retribusi Jogoboyo tidak bisa mendapat bagian.

Desa Jogoboyo menurut Agus Bastian merupakan wilayah pengembangan desa wisata di Kecamatan Purwodadi, yang menjadi rangkaian destinasi wisata dengan Pantai Selatan Jatimalang di kecamatan yang sama. “Untuk mendukung obwis ini harus kita bangun bersama, terutama infrastrukturnya,” katanya seraya berjanji akan bertemu dengan Bupati Kulonprogo untuk menyelesaikan masalah ini.

Pada pertemuannya dengan Agus Bastian di lokasi perbatasan dua desa itu, Komandan Satrat Radar 215 Congot Mayor (Lek) JokoDwi Maryonto berjanji akan melakukan mediasi antar penduduk dua desa itu. “Kami jamin aka nada keputusan yang menguntungkan kedua belah pihak,” tegasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI