Pengentahuan Pemadam Bagi ASN Penting

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com) – Satuan Pol PP dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Magelang, menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan dasar penanggulangan kebakaran, di Ruang Cemerlang Setkab Magelang, Senin (21/01/2019). Dalam kegiatan tadi, diikuti 40 peserta berasal dari perwakilan dinas dan instansi dilingkungan Setkab Magelang.

“Tujuan utama dari kegiatan ini, adalah meminimalisir korban jiwa maupun kerugian akibat kebakaran. Di sisi lain, agar aparatur sipil negara (ASN), memiliki pengetahuan dasar tentang langkah-langkah pemadaman bila terjadi kebakaran,” kata KepalaUPT Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran disela-sela sosialisasi.

Sedang materi yang diberikan, lanjut Heri, terdiri dari pengentahun dasar tentang antisipasi kebakaran. Termasuk apa yang harus dilakukan pertama kali bila terjadi kebakaran. “Ada dua tahap sosialisasi. Pertama tentang teori pengetahun dasar. Kedua praktek penyelamatan diri bila terjadi kebakaran. Biasanya, dua materi itu kami bagi dua. Jadi empat jam teori dan empat jam praktek,” jelasnya.

Pihaknya mentargetkan, kegiatan serupa akan dilakukan disejumlah tempat. “Tahun 2019 ini, kami ada enam pelatihan. Selain dilingkungan Pemkab Magelang, kedepan juga akan kami lakukan diantaranya di dua pasar. Yakni pasar secang dan kaponan. Kemudian di dua desa siaga kebakaran di tegalrejo dan pucang. Yang lain di pondok pesantren,” ungkapnya.

Disebutkan, selama tahun 2018 lalu, ada sebanyak 155 kejadian kebakaran diwilayah ini. Empat diantaranya terjadi di lereng gunung tepatnya di lahan milik perhutani. “Jumlah ini naik cukup signifikan apabila dibandingkan dengan tahun 2017. Dimana pada tahun 2017, kejadian kebakaran tidak sampai 100 kejadian. Kenaikan ini disebabkan berbagai faktor. Salah satunya karena cuaca dan musim kemarau panjang,” sebutnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI