Penguatan Jati Diri Guru, Wujudkan Sekolah Berkemajuan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebagai upaya penguatan jati diri guru dengan karakter Islami berbasis edupreneur, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo (PGSD UMP) menggelar kuliah umum mahasiswa PGSD UMP tahun akademik 2018/2019.

Kegiatan yang berlangsung di ruang seminar UMP ini diikuti 135 mahasiswa semester pertama dengan pemahaman tentang kompetensi guru, salah satunya kompetensi kepribadian yang berwujud karakter ataupun akhlakul karimah yang harus selalu melekat dan diperkuat agar mampu mewujudkan sekolah yang berkemajuan.

“Kreativitas guru dalam bentuk edupreneur harus terus diasah dan dikembangkan agar selalu bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sehingga untuk kegiatan ini, PGSD UMP mengundang pembicara yang pakar di bidangnya yaitu Mustaqim, seorang Kepala SD Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Magelang yang telah mengantongi banyak prestasi. Diharap mampu menginspirasi mahasiswa,” kata Ketua Panitia Kegiatan Suyoto, Senin (3/12).

Menurut Wakil Rektor 1 UMP Sugeng Eko Putro W, setiap guru SD memiliki peran besar untuk kemajuan dan peradaban bangsa. “Maka penguatan jati diri melalui karakter Islami ini mutlak diperlukan. Guru harus bisa digugu dan ditiru, bukan wagu tur saru,” tambahnya.

Dalam kuliah umumnya, Mustaqim menyampaikan bahwa ada empat faktor atau komponen dalam karakter yaitu olah hati,olah pikir,olah rasa dan olah raga. Di dalam konsep Islam ada sifat: shiddiq, fathonah, amanah dan tabligh. Atau kalau Ki Hajar Dewantara menyampaikan ing ngarso sung tuladha, ing madya mangunkarsa dan tut wuri Handayani. (Nar)

BERITA REKOMENDASI