Pengungsi dari Tiga Dusun di Lereng Merapi Memutuskan untuk Pulang

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 356 pengungsi dari Dusun Babadan 1 Desa Paten, Dusun Banar dan Dusun Gondangrejo Desa Keningar Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang pulang ke rumah masing-masing, Senin (14/12/2020). Dengan demikian hingga Senin malam tercatat tinggal 283 jiwa yang masih menempati 3 lokasi pengungsian.

Hal ini dibenarkan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Magelang Drs Edy Susanto kepada wartawan, Senin malam. Dikatakan, mereka yang masih tinggal di lokasi pengungsian berasal dari Dusun Ngandong Desa Ngargomulyo sebanyak 31 jiwa yang menempati Tempat Akhir Pengungsian (TEA) Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan, dari Dusun Trono, Dusun Pugeran dan Dusun Trayem Desa Krinjing Kecamatan Dukun Magelang sebanyak 133 jiwa, serta dari Dusun Babadan 2 Desa Paten sebanyak 133 jiwa yang menempati TEA Desa Mertoyudan.

Koordinator pengungsi dari Dusun Babadan 1 Desa Paten Wahyudi kepada wartawan diantaranya mengatakan ada sekitar 286 warga Dusun Babadan 1 yang pulang. Mereka sebenarnya masih merasa khawatir dengan aktivitas Gunung Merapi, dan mereka juga siap kembali ke lokasi pengungsian di TEA Desa Banyurojo manakala nantinya terjadi erupsi Gunung Merapi.

BERITA REKOMENDASI