Penguni Kos Jalani Tes Urin

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung razia sejumlah tempat kos di Kota Temanggung untuk mencari penyalahgunaan narkoba. Satu diantaranya di Kampung Gemoh Kelurahan Butuh Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung, Selasa (06/03/2018).

Kepala BNNK Temanggung, AKBP Renny Puspita mengatakan razia yang melibatkan pemerintah setempat tersebut untuk pemetaan wilayah terutama tempat kos yang terindikasi dijadikan penyalahgunaan narkoba oleh penghuninya. “Kami razia tiga tempat kos, setidaknya ada 29 penghuni yang menjalani tes urin. Hasilnya, semuanya negatif,” kata Renny usai razia.

Dia mengatakan penghuni kos tersebut mayoritas pendatang atau warga luar daerah. Razia ini sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di Temanggung. “Kami akan terus melakukan razia secara berkala, dengan cara acak dan tanpa pemberitahuan sebelumnya alias dadakan,” ungkapnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat, bagi penyalahguna atau pengguna narkoba untuk melapor diri BNNK untuk direhabilitasi atau disembuhkan. “Jika melapor dengan kesadaran diri atau tidak dalam keadaan ditangkap, kami rehabilitasi secara gratis dan tidak dikenai sanksi hukum,” tegasnya.

Camat Temanggumg Eko Budi Hartono mengatakan siap mendukung penuh kegiatan  BNNK. Ditegaskannya kegiatan pencegahan dan pemberantasan narkoba tidak bisa dilakukan sendirian oleh BNNK, namun perlu keterlibatan aktif dari stakholder terkait untuk terus menyosialisasikan bahaya miras dan narkoba.

“Kami juga selalu minta kepada tokoh masyarakat, tokoh agama untuk senantiasa menyampaikan pesan moral di setiap even, pengajian dan pertemuan-pertemuan, supaya Temanggung benar-benar terbebas dari narkoba,” harapnya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI